Sains & Riset

Mengulik Rahasia Stroberi, Tingkatkan Fungsi Kognitif hingga Turunkan Tekanan Darah

Mengulik Rahasia Stroberi

MILEZONE.ID – Stroberi memiliki warna merah yang cukup menarik. Tak hanya lezat dan menyegarkan, manfaat buah stroberi ternyata tidaklah sedikit.

Beragam kandungan nutrisi yang ada di dalam buah ini baik bagi kesehatan tubuh.

Penelitian terbaru dari San Diego State University menegaskan kembali manfaat stroberi.

Mengulik Rahasia Stroberi
Stroberi adalah sumber dari banyak senyawa bioaktif. (Foto: Pxfuel)

Mengonsumsi stroberi setiap hari bisa meningkatkan fungsi kognitif, kesehatan kardiovaskular, menurunkan tekanan darah, dan kapasitas antioksidan.

Melansir Scitech Daily, Rabu (2/8/2023), dalam studi double-blind, terkontrol plasebo yang melibatkan 35 pria dan wanita sehat berusia 66 hingga 78 tahun.

Para peserta mengonsumsi 26 gram bubuk stroberi beku-kering setiap hari, setara dengan dua porsi stroberi, atau bubuk kontrol selama delapan pekan.

Setelah mengonsumsi stroberi, kecepatan pemrosesan kognitif meningkat sebesar 5,2 persen, tekanan darah sistolik menurun sebesar 3,6 persen dan kapasitas antioksidan total meningkat signifikan sebesar 10,2 persen.

Kemudian, lingkar pinggang menurun sebesar 1,1 persen. Di sisi lain, saat mengonsumsi bubuk kontrol, peserta mengalami peningkatan serum trigliserida.

Mengulik Rahasia Stroberi
Penelitian terbaru dari San Diego State University menegaskan kembali manfaat stroberi. (Foto: Pxfuel)

“Studi ini menunjukkan, mengonsumsi stroberi dapat meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan faktor risiko kardiovaskular seperti hipertensi,” kata Shirin Hooshmand, Profesor di School of Exercise and Nutrition Sciences di San Diego State University sekaligus peneliti utama dalam studi tersebut.

“Kami mendorong perubahan pola makan yang sederhana, seperti menambahkan stroberi ke dalam makanan sehari-hari, dapat meningkatkan hasil ini pada orang dewasa yang lebih tua,” lanjutnya.

Stroberi adalah sumber dari banyak senyawa bioaktif. Selain memenuhi 100 persen kebutuhan vitamin C harian, stroberi juga mengandung nutrisi yang menyehatkan jantung seperti folat, potasium, serat, fitosterol, dan polifenol.

Penelitian sebelumnya telah menghubungkan konsumsi stroberi dengan peningkatan beberapa penanda penyakit kardiovaskular, termasuk penurunan kolesterol total dan LDL (TC), dan tekanan darah rendah.

Mengulik Rahasia Stroberi
Konsumsi stroberi memenuhi 100 persen kebutuhan vitamin C harian. (Foto: Pxfuel)

Manfaat stroberi juga merambat ke kesehatan otak. Stroberi dan pelargonidin, biokimia yang ditemukan dalam stroberi, dikaitkan dengan penurunan risiko demensia Alzheimer dalam penelitian yang dilakukan di Rush University.

Studi observasi jangka panjang menemukan, konsumsi stroberi memiliki tingkat penurunan kognitif yang lebih rendah.

Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *