Hardnews

Kereta Cepat ‘Whoosh’ Resmi Beroperasi, Ketua DPR Harap Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Kereta Cepat 'Whoosh' Resmi Beroperasi,

MILEZONE.ID – Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani menyambut gembira dioperasikannya Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Puan berharap hadirnya kereta cepat yang diberi nama ‘Waktu Hebat, Operasi Optimal, Sistem Hebat’ atau ‘Whoosh’ ini dapat dimanfaatkan membangun perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Secara umum, Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa berdampak terhadap perekonomian nasional karena dapat mempermudah dan mempercepat akses warga dari Jakarta-Bandung, begitu pula sebaliknya. Ini tentunya sangat bermanfaat terutama bagi pelaku bisnis yang banyak melakukan mobilitas,” ujar Puan dalam keterangan resminya, di Jakaarta, Selasa (3/10/2023).

Sementara secara khusus, menurut Politisi Fraksi PDI Perjuangan itu, kereta cepat dapat mendorong kemajuan perekonomian di Jakarta dan Bandung, serta sekitarnya.

Sebab, kawasan kedua daerah akan semakin bertumbuh seiring kemudahan transportasi bagi konsumen sehingga juga dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar.

“Kereta cepat ini harus dapat mendongkrak percepatan perekonomian masyarakat karena akan menumbuhkan kawasan dan aktivitas bisnis baru akibat cepatnya mobilisasi masyarakat dari Jakarta ke Bandung maupun sebaliknya,” terang Mantan Menko PMK ini.

Kereta Cepat 'Whoosh' Resmi Beroperasi
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani. (Ger/Man)

Di sisi lain, Anggota Komisi I DPR RI itu juga meminta pemerintah agar juga memperhatikan perawatan kereta cepat. Menurut Puan, fasilitas layanan harus dibarengi dengan apiknya sistem perawatan KCJB sehingga hal tersebut akan membangun kepercayaan publik terhadap transportasi publik kereta cepat ‘Whoosh’.

“Pastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang menggunakan kereta cepat. Ini akan menjadi jaminan berhasil atau tidaknya proyek kereta cepat,” tegasnya.

Diresmikan pada Senin (2/10/2023), kereta cepat ‘Whoosh’ sudah dioperasionalkan secara umum dengan tarif gratis hingga pertengahan Oktober. Tarif KCJB nantinya akan berkisar Rp250 ribu hingga Rp350 ribu di mana usulan tarif itu didasari atas tarif KA Argo Parahyangan yang berada dikisaran Rp200 ribu-Rp250 ribu.

Dalam kesempatan itu, Puan mengingatkan agar tarif kereta cepat ‘Whoosh’ disesuaikan dengan kemampuan masyarakat. Terlebih, anggaran yang digunakan untuk proyek KCJB dijamin oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia (APBN).

“Perhitungan tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung harus memperhatikan keadilan, terutama bagi masyarakat sebagai konsumen,” ujar Puan.

Cucu Proklamator Bung Karno itu juga mengingatkan Pemerintah untuk memperhatikan sarana pendukung kereta cepat ‘Whoosh’. Puan merinci, sarana prasarana tersebut mulai dari fasilitas dan layanan di kereta dan stasiun, hingga kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses KCJB.

Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *