Hardnews

Airin Rachmi Diany Hadiri ASEAN Woman Political Leader’s Coalition for Change: Optimalkan Peran Perempuan Dalam Politik

Airin Rachmi Diany Hadiri ASEAN Woman Political Leader's Coalition for Change

MILEZONE.ID – Airin Rachmi Diany hadir dalam pertemuan ASEAN Women Political Leader’s Coalition for Change yang digelar oleh The Westminster Foundation for Democracy (WFD), di Jakarta, pada Rabu (9/8/2023).

Pertemuan tersebut menghadirkan beberapa anggota ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), politisi perempuan, aktivis, akademisi, dan civil society organitation (CSO) lokal yang membahas kepemimpinan politik perempuan.

Airin menyebut, keterlibatan perempuan dalam aktivitas politik menjadi penting untuk mencapai kesetaraan gender dan mewujudkan representasi yang adil dalam proses pengambilan keputusan politik.

Selain itu, dia menekankan, sangat penting meningkatkan pendidikan dan kesadaran politik di kalangan perempuan. Menurutnya, hal ini bisa dilakukan melalui kampanye pendidikan politik, pelatihan, dan program keterampilan.

Hal tersebut bertujuan memberdayakan perempuan dalam hal pengetahuan politik, pemahaman terhadap isu-isu penting, serta keterampilan kepemimpinan dan komunikasi.

Airin Rachmi Diany Hadiri ASEAN Woman Political Leader's Coalition for Change
Airin Rachmi Diany menekankan sangat penting meningkatkan pendidikan dan kesadaran politik di kalangan perempuan. (Foto: Istimewa)

Ketua Pengurus Pusat Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) itu menambahkan, membangun jaringan dan dukungan yang kuat antara perempuan politisi dan calon perempuan politisi juga penting dilakukan.

“Ini dapat mencakup pembentukan kelompok advokasi atau organisasi Perempuan yang bekerja untuk mempromosikan partisipasi Politik Perempuan serta membangun hubungan dengan organisasi sipil yang memiliki minat serupa,” terang Airin.

Menurutnya, dengan mengadopsi kuota atau tindakan afirmatif dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam politik.

“Hal ini dapat berarti memberikan perwakilan terjamin atau persyaratan minimum bagi Perempuan dalam posisi kepemimpinan atau pencalonan Politik,” imbuh bakal Calon Gubernur Banten itu.

Di sisi lain, Airin mendorong Partai Politik untuk mengadopsi kebijakan dan praktik yang responsif gender karena merupakan langkah penting dalam memastikan pelibatan Perempuan yang lebih besar dalam politik.

“Mencakup mengadvokasi adanya daftar kandidat yang seimbang secara gender, serta mempromosikan pengambilan keputusan Partai yang inklusif dan progresif,” tukas pemenang Mojang Parahyangan Bandung dan Mojang Provinsi Jawa Barat (Jabar) itu.

Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *