Hardnews

Survei SPIN Pascadebat Ketiga: Prabowo-Gibran Unggul di Pemilih Muda Gen Z, Gen Y, Gen X

Survei SPIN Pascadebat Ketiga: Prabowo-Gibran Unggul di Pemilih Muda Gen Z, Gen Y, Gen X

MILEZONE.ID – Hasil survei Lembaga Survey & Polling Indonesia (SPIN) menunjukkan sebagian besar pemilih muda bakal memilih paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Survei & Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara memaparkan Prabowo-Gibran unggul di kategori pemilih muda.

Mereka meraih angka dukungan rata-rata 50 persen pada Gen Z, Gen Y atau milenial dan Gen X.

“Untuk Gen Z, Gen Y dan Gen X, Prabowo unggul,” ujar Igor melalui paparan daring.

Adapun pada Gen Z, Prabowo-Gibran meraih dukungan hingga 51,4 persen. Sementara pada Gen Y, paslon usungan Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu meraih suara sebanyak 52,3 persen serta 47,9 persen dari Gen X.

Igor mengatakan, pemilih muda, terutama Gen Y yang lahir pada 1981-1996 dan Gen Z yang lahir dalam kurun 1997-2012 adalah generasi yang lebih senang membicarakan masa depan.

“Jadi pemilih muda ini, terutama Gen Z, first time voter, atau Gen Y, milenial ini generasi move on. Mereka tidak senang bicara masa lalu,” tuturnya.

Igor menambahkan, karena fokus pada masa depan, para pemilih muda akan lebih tergugah dengan program kerja para capres yang akan mendukung hidup mereka ke depan.

“Mereka lebih senang masa depan, jadi program Prabowo-Gibran untuk menciptakan lapangan pekerjaan, minum susu gratis, makan gratis lebih bisa diterima,” jelas Igor.

Selain itu, SPIN juga memotret tren elektabilitas Prabowo-Gibran terus melonjak sepanjang periode survei, yakni 8-14 Januari 2024. Mereka meraih dukungan hingga 50,9 persen.

Sementara posisi kedua ada Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang meraih elektabilitas sebesar 23,5 persen, dan diikuti Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan porelahan elektabilitas sebanyak 18,7 persen.

Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *