Hardnews

Semangat dan Disiplin Jadi Tips Sukses Berwirausaha Ala Jokowi

Semangat dan Disiplin Jadi Tips Sukses Berwirausaha Ala Jokowi

MILEZONE.ID – Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) memberi motivasi kepada ribuan nasabah Permodalan Nasional Madani (PNM) Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) dalam kunjungannya ke Kota Tangerang Selatan (Tangsel), pada Senin (19/2/2024).

Kepada ribuan nasabah PNM Mekaar, Kepala Negara berpesan agar tetap semangat dalam menjalankan usahanya. Baginya, semangat merupakan modal dasar bagi setiap wirausahawan dalam menjalankan usahanya.

“Semangat adalah modal dasar dalam kita berusaha. Semangat! Ini penting sekali,” kata Jokowi di hadapan ribuan nasabah PNM Mekaar Tangsel di Lapangan Cilenggang, Kota Tangsel.

Jokowi bercerita, sebelum menjadi Presiden, dia hanyalah seorang wirausahawan yang memulai usaha dari nol.

Pada tahun pertama dia berusaha, hanya mampu memasarkan produk usahanya di seputaran Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng).

Memasuki tahun kedua, dirinya sudah bisa memasarkan produknya ke Jakarta dan tahun ketiga, dia berhasil mengekspor produknya ke luar negeri.

Menurutnya, saat itu dia hanya memiliki semangat kerja yang tinggi. Termasuk, saat rekan seprofesinya bekerja dari jam 08.00 sampai jam 16.00 WIB, dia justru bekerja sejak subuh hingga malam hari.

“Memang capek, tapi hasilnya kelihatan. Semangat kerja itu tercermin kalau omzet kita selalu naik, keuntungan usaha selalu baik, semangat kerja akan tercermin di situ. Jadi yang saya ceritakan adalah semangat kerjanya,” imbuh orang nomor satu di Tanah Air itu.

Jokowi menambahkan, selain menanamkan prinsip semangat bekerja, dirinya juga menekankan pentingnya kedisiplinan dalam berwirausaha.

“Kedisiplinan itu penting. Kalau kita sudah ngomong Senin ngangsur, Senin harus diangsur. Kalau mengatakan Jumat nyicil, maka Jumat harus siap nyicil. Ini kedisiplinan,” tegas ayah 3 anak itu.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PNM Mekaar, Arief Mulyadi, mengatakan, saat ini jumlah nasabah aktif PNM Mekaar ada 15.200.000 orang dengan jumlah kelompok nasabah 836.098 orang.

Kemudian, pertumbuhan jumlah pendamping nasabah PNM Mekaar pada 2024 naik mencapai 60.443 orang dan pertumbuhan jumlah nasabah PNM Mekaar pada 2024 naik 15,2 persen.

Arief menyebutkan, total aset PNM pada 2023 yakni sebesar Rp51,9 triliun dan telah menyalurkan dana pinjaman pada 2023 sebesar Rp68,5 miliar, sedangkan untuk 2024 ini telah mencapai Rp6,37 miliar.

Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *