Olahraga

PSSI Beberkan Kronologi Komang Teguh dan Titan Agung Gagal Bela Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023

PSSI Beberkan Kronologi Komang Teguh dan Titan Agung

MILEZONE.ID – Dua pemain tim nasional (timnas) Indonesia U-23 yakni Komang Teguh dan Titan Agung dipastikan tidak bisa tampil di Piala AFF U-23 2023.

Melansir laman resmi PSSI, Jumat (18/8/2023), Manajer Timnas Indonesia, Endri Erawan, mengungkap detail kronologi sebelum kedua pemain itu akhirnya harus dicoret dari skuad yang sudah berada di Thailand.

Komang dan Titan diskors enam pertandingan dan harus membayar denda sebesar US$1.000 imbas kericuhan di pinggir lapangan ketika Indonesia dan Thailand berjumpa di final SEA Games 2023.

Hukuman itu diputuskan lewat rapat Komite Disiplin (Komdis) dan Etika AFC pada 11 Juli 2023. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) juga telah menerima keputusan itu pada 12 Juli 2023.

PSSI Beberkan Kronologi Komang Teguh dan Titan Agung
Komang Teguh dan Titan Agung dipastikan tidak bisa tampil di Piala AFF U-23 2023. (Foto: PSSI)

Sehari kemudian, PSSI langsung berkomunikasi dengan AFC lewat email untuk menanyakan kepastian jika sanksi tersebut hanya berlaku di friendly match.

Endri menyatakan, PSSI telah melakukan komunikasi lanjutan dengan AFC, menanyakan apakah AFF merupakan kategori friendly match atau bukan. Sebab, berdasarkan AFC disciplinary code ada perbedaan antara friendly international match dan internasional turnamen.

Sejatinya AFC telah menjelaskan melalui surat balasan pada 15 Juli 2023 jika gelaran AFF termasuk kategori laga persahabatan. Sangat disayangkan, surat itu diterima PSSI ketika timnas Indonesia U-23 sudah berada di Thailand dimana Komang dan Titan termasuk di dalamnya.

“AFC melalui surat tanggal 14 Juli, kita di sanksi saat friendly match saja pada kategori umur yang sama dengan SEA Games (berdasarkan technical handbook SEA Games, yaitu 22 tahun ke bawah) tanpa menjelaskan detail mengenai friendly match,” ungkap Endri.

PSSI Beberkan Kronologi Komang Teguh dan Titan Agung
Manajer Timnas Indonesia, Endri Erawan, mengungkap detail kronologi sebelum Komang Teguh dan Titan Agung akhirnya harus dicoret dari skuad yang sudah berada di Thailand. (Foto: PSSI)

Timnas Indonesia U-23 berangkat ke Thailand pada Senin (14/8/2023) dengan berkekuatan 23 pemain. Sebelumnya mereka telah melakukan pemusatan latihan di Jakarta pada 11-13 Agustus di Jakarta.

“Dengan ini, PSSI telah mencoret Komang Teguh dan Titan Agung dari final registrasi daftar pemain untuk Piala AFF U-23 2023. Kami juga akan kembalikan mereka ke klub masing-masing,” tukas pria yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI tersebut.

Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *