Pengembangan Diri

Menaker: Era Digitalisasi Pengembangan SDM Jadi Tantangan Bangsa

Menaker Ida Fauziyah: Era Digitalisasi Pengembangan SDM Jadi Tantangan Bangsa

MILEZONE.ID – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, di era digitalisasi saat ini, pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang berkarakter menjadi tantangan bangsa.

Tantangan yang muncul bukan hanya untuk berkompetisi, melainkan SDM yang juga dapat memenangkan kompetisi.

Hal ini disampaikan Ida Fauziyah saat menerima audiensi Rektor Universitas Semarang, yang membahas peran fakultas psikologi USM dalam membantu tugas Kemnaker pada pengajaran dan pendampingan tenaga kerja, di Jakarta, Senin (7/8/2023).

“Suatu kompetensi tentu saja dimenangkan oleh individu yang unggul, sebab hanya SDM yang unggul dan berkarakter mampu bertahan, bahkan memenangkan segala bentuk kompetisi global,” kata Menaker Ida Fauziyah dalam keterangan tertulisnya, dikutip Selasa (8/8/2023).

Menaker Ida Fauziyah: Era Digitalisasi Pengembangan SDM Jadi Tantangan Bangsa
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menerima audiensi Rektor Universitas Semarang, yang membahas peran fakultas psikologi USM dalam membantu tugas Kemnaker pada pengajaran dan pendampingan tenaga kerja, di Jakarta, Senin (7/8/2023). (Foto: Humas Kemnaker)

Lebih lanjut, di mengungkapkan, salah satu tantangan dalam penurunan pengangguran di Indonesia, adalah pengangguran yang mengalami hopeless of job. Yakni kondisi di mana pengangguran merasa tak akan mungkin memperoleh pekerjaan.

Karena rendahnya tingkat pendidikan itu, lanjut Menaker Ida, mengindikasikan jika mereka tak akan dapat menyiapkan dirinya masuk ke pasar kerja.

“Untuk itulah peran Fakultas Psikologi harus dapat menyikapi permasalahan akibat adanya hopeless of job tersebut,” imbuhnya.

Pada kesekmpatan ini, Menaker Ida menekankan masalah ketenagakerjaan harus menjadi tantangan bersama bagi perguruan tinggi untuk berkontribusi, menyiapkan SDM, membangun, dan menjaga motivasi generasi angkatan kerja.

Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *