Hardnews

Wapres Minta Anak-Anak Dapat Perlindungan dari Kekerasan dan Diskriminasi

Wapres Minta Anak-Anak Dapat Perlindungan dari Kekerasan dan Diskriminasi

MILEZONE.ID – Anak-anak adalah anugerah, amanah, dan karunia Tuhan Yang Maha Esa yang diberikan kepada orang tua. Anak-anak adalah masa depan bangsa.

Betapa pentingnya perhatian negara dan kita semua kepada anak-anak. Karena anak-anak adalah sumber daya yang sangat berharga di masa depan.

Dengan demikian, keberlangsungan pertumbuhannya harus dijaga, khususnya dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi.

“Sesuai peran dan kapasitas masing-masing, saya mengajak untuk memprioritaskan dan mengoptimalkan penyelenggaraan perlindungan anak dan kembangkan kebijakan serta program yang kreatif dan inovatif,” ujar Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin.

Orang nomor dua di Tanah Air itu menghadiri Puncak Peringatan Hari Anak Nasional ke-39 Tahun 2023 di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (23/7/2023).

Lebih lanjut, Wapres menyatakan, seluruh pemangku kepentingan wajib mengedepankan hak anak untuk tumbuh dan berkembang di lingkungan yang baik.

“Jamin pemenuhan hak anak untuk hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi sesuai harkat dan martabat kemanusiaan,” imbuhnya.

Wapres Minta Anak-Anak Dapat Perlindungan dari Kekerasan dan Diskriminasi
Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin meminta perlindungan dan pemenuhan hak anak dioptimalkan. (Foto: SM/SK-BPMI, Setwapres)

Wapres juga meminta pemenuhan hak-hak anak dalam mendapatkan perlindungan dari segala bentuk kekerasan.

“Pastikan anak-anak mendapat perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi,” tegasnya.

Pria kelahiran Tangerang, Banten, 80 tahun silam itu menekankan, momen peringatan Hari Anak ini harus dijadikan pengingat bagi semua untuk terus bertekad memberikan perlindungan dan memenuhi segala hak-hak anak yang kelak menjadi pemimpin bangsa.

“Hari Anak Nasional membawa makna penting, karena merupakan bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus kita,” terang Wapres.

Berkenaan dengan agenda pembacaan Suara Anak Indonesia oleh Forum Anak Nasional sebagai aspirasi dalam memperjuangkan pemenuhan hak-hak anak Indonesia, Wapres mengapresiasi hal tersebut dan memberikan dukungannya.

“Suara Anak Indonesia merupakan wujud dari hak anak untuk didengar, diperhatikan aspirasinya, dan diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembangunan,” pesan Wapres.

Sebelumnya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga menyampaikan, peringatan Hari Anak Nasional bukan sekadar perayaan semata, tetapi menjadi pengingat dimana masih diperlukan upaya bersama dalam memperjuangkan hak-hak dan perlindungan anak Indonesia.

“Anak-anak Indonesia harus tumbuh sehat, memiliki identitas, dibesarkan dengan penuh kasih sayang, dilindungi dari kekerasan dan eksploitasi, serta aktif berpartisipasi dan bersuara, inilah tugas dan tanggung jawab kita bersama sebagai orang dewasa, kita harus menyatukan kekuatan dan bergerak bersama,” ungkap Bintang.

Wapres Minta Anak-Anak Dapat Perlindungan dari Kekerasan dan Diskriminasi
Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin meminta anak-anak mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. (Foto: SM/SK-BPMI, Setwapres)

Peringatan Hari Anak Nasional kali ini dihadiri sekitar dua ribu peserta luring, yaitu terdiri dari Forum Anak Nasional dan Forum Anak Daerah dari seluruh Indonesia, pelajar dari kota Semarang, perwakilan dari komunitas anak serta para anak disabilitas.

Tidak kurang sepuluh ribu peserta juga mengikuti secara daring. Perayaan tahun ini masih mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Turut hadir dalam acara ini Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Pimpinan tokoh masyarakat, serta para tokoh pemerhati anak.

Wapres didampingi Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono W.S., Staf Khusus Wapres Mohamad Nasir, Masduki Baidlowi, Robikin Emhas, dan Zumrotul Mukaffa.

Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *