Hardnews

Hari Pers Nasional 2024, Jokowi Punya Dua Pesan untuk Insan Pers Indonesia

Hari Pers Nasional 2024, Jokowi Sampaikan Dua Pesan untuk Insan Pers Indonesia

MILEZONE.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan dua pesan kepada insan pers pada perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 di Econventional Hall Ecopark Ancol, Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Dalam sambutannya, Kepala Negara menyampaikan apresiasi terhadap seluruh insan pers Indonesia yang telah konsisten menemani masyarakat dalam kehidupan berdemokrasi.

“Terima kasih kepada seluruh insan pers yang secara konsisten menemani masyarakat dalam kehidupan berdemokrasi. Saya juga berterima kasih kepada pers yang turut mengawal Pemilu (Pemilihan Umum) 2024 yang baru saja kita jalani,” ujar Jokowi.

Secara khusus, dia menitipkan dua pesan kepada insan pers di Indonesia. Pertama, Jokowi menyebut pers harus menjadi pilar penjaga demokrasi dan rumah bersama untuk menjernihkan informasi.

“Beritakanlah fakta-fakta apa adanya, tapi bukan mengada-ada, bukan asumsi-asumsi, bukan seolah-olah ada,” sambungnya.

Kedua, Jokowi meminta agar perusahaan pers dapat memikirkan langkah konkret dan strategi serta terus melakukan inovasi di tengah ketidakpastian global.

“Saya sangat berharap perusahaan pers dapat memikirkan langkah-langkah konkret dan strategis, terus melakukan inovasi agar adaptif dalam merespons perubahan zaman, mampu berdiri tegak secara mandiri di tengah gempuran persaingan global,” tambah ayah tiga anak itu.

Jokowi menegaskan, jika dirinya sangat menghormati kebebasan pers, kebebasan berekspresi, serta kebebasan berpendapat di Tanah Air.

“Saya juga sering dikritik tajam, ada gambar wajah saya yang unik-unik, yang aneh-aneh di sampul-sampul media, di sampul majalah, di media sosial, dan ramai sekali, aneh-aneh, tapi tidak apa-apa, tidak ada masalah buat saya. Ini bagian dari penghormatan saya atas kebebasan pers, kebebasan berekspresi, dan kebebasan berpendapat,” tukas Jokowi.

Dalam kesempata itu, Jokowi juga menyampaikan telah menandatangani Perpres tentang tanggung jawab platform digital untuk mendukung jurnalisme berkualitas atau Perpres Publiser Rights.

Dia menyebut dasar Perpres ini, yakni jurnalisme berkualitas dan keberlanjutan media konvensional terus menjadi perhatian pemerintah.

Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *