Teknologi

Demi Saingi ChatGPT, Apple Dikabarkan Kembangkan Chatbot AI

Apple Dikabarkan Kembangkan Chatbot AI

MILEZONE.ID – Dalam masa ‘perang AI’ yang sedang berkembang, Apple tetap diam namun mencurigakan hingga kini.

Raksasa teknologi yang bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat (AS) itu, dikabarkan telah membuat chatbot sendiri.

Para insinyur dengan iseng menamai perangkat ini ‘AppleGPT’, namun sejatinya disebut Ajax, karena model bahasa besar (LLM) dibuat menggunakan kerangka kerja Google JAX.

Sumber menunjukkan, Apple memiliki banyak tim yang mengerjakan proyek ini, dengan satu tim dikhususkan untuk menangani potensi masalah privasi.

Apple Dikabarkan Kembangkan Chatbot AI
Apple sedang mengembangkan chatbot AI untuk menyaingi ChatGPT. (Foto: Reuters)

Namun, sayangnya belum ada informasi lebih detail mengenai apa sebenarnya yang akan dilakukan Apple dengan chatbot mendatang tersebut.

Ini masih belum jelas karena perusahaan tampaknya tidak memiliki rencana yang solid mengenai skenario kasus penggunaan, tanggal peluncuran, atau platform.

Sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Bloomberg, dia mengharapkan pengumuman resmi, bersama dengan rincian lebih lanjut pada tahun depan.

Apple juga mengadakan panggilan pendapatan tahunannya bulan depan, yang dapat menjelaskan tentang Ajax ini.

Langkah ini dilakukan setelah CEO Apple Tim Cook memberi tahu ‘Good Morning America’, dimana AI generatif adalah sesuatu yang diperhatikan dengan cermat oleh perusahaan.

Apple Dikabarkan Kembangkan Chatbot AI
Ilustrasi. Apple dikabarkan telah membuat chatbot sendiri. (Foto: Pxfuel)

Menurut Bloomberg, seperti dikutip dari Engadget, Sabtu (22/7/2023), John Giannandrea dan wakil presiden senior teknik perangkat lunak Apple, Craig Federighi, memimpin inisiatif tersebut.

Giannandrea awalnya dipekerjakan untuk mengawasi Siri dan kemampuan machine leraning-nya, jadi mungkin asisten digitalnya bakal menjadi jauh lebih berguna.

Fenomena AI generatif telah menjadi sorotan dalam beberapa bulan terakhir. Dan hampir setiap perusahaan teknologi besar bergabung dengan fenomena tersebut.

Meta dan Microsoft baru-baru ini merilis Llama 2, sebuah chatbot AI yang ditujukan untuk penggunaan komersial.

Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *