Hardnews

Survei Litbang Kompas: Prabowo-Gibran Unggul di Semua Kategori Usia, Utamanya Generasi Z dan Milenial

Survei Litbang Kompas: Prabowo-Gibran Unggul di Semua Kategori Usia, Utamanya Generasi Z dan Milenial

MILEZONE.ID – Litbang Kompas merilis hasil survei terbaru bertajuk “Prabowo-Gibran Unggul, Pemilih Bimbang Meningkat” untuk periode 29 November 2023 hingga 4 Desember 2023.

Hasilnya, elektabilitas pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di posisi puncak dengan perolehan 39,3 persen suara, mengungguli Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang memperoleh 16,7 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 15,3 persen suara.

Adapun Prabowo-Gibran unggul di semua kategori usia, khususnya generasi Z dan Y (milenial), dengan persentase sebesar 54,5 persen.

“Suara Prabowo-Gibran menonjol di semua kategori usia, terlebih pada kalangan generasi Z dan Y (milenial). Dukungan dari generasi Z (17-25 tahun) bahkan mencapai 54,5 persen,” tulis Litbang Kompas, Senin (11/12/2023).

Survei Litbang Kompas: Prabowo-Gibran Unggul di Semua Kategori Usia, Utamanya Generasi Z dan Milenial
Elektabilitas pasangan capres dan cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di posisi puncak. (Foto: Istimewa)

Hasil survei yang sama turut mengungkapkan, Prabowo-Gibran juga unggul di hampir semua kategori sosio-demografis responden.

“Suara untuk pasangan ini lebih tinggi daripada dua pasangan calon lawannya, baik di perdesaan maupun perkotaan, serta dominan di kalangan perempuan dan laki-laki,” sambung Litbang Kompas.

Selanjutnya, keunggulan suara pasangan Prabowo-Gibran juga tampak pada hampir semua kelompok pemeluk agama, semua strata pendidikan, dan kelas sosial ekonomi.

Survei Litbang Kompas kali ini dilakukan secara tatap muka dengan jumlah responden sebanyak 1.364 orang. Ribuan responden tersebut dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia.

Adapun margin of error dari survei ini +/- 2,65 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *