Hardnews

Sosialisasi SP4N-LAPOR, Benyamin Davnie: Pastikan Masyarakat Mengerti dan Memahami Tata Cara Pengaduan

Benyamin Davnie Hadiri Sosialisasi SP4N-LAPOR

MILEZONE.ID – Masyarakat Tangerang Selatan (Tangsel) diharapkan dapat memahami proses tata cara pengaduan maupun aspirasi yang disampaikan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel melalui kanal Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie saat membuka sosialisasi pengaduan masyarakat melalui SP4N-LAPOR yang diikuti oleh perangkat kelurahan, kecamatan dan perwakilan RT/RW se-Tangerang Selatan, di Aula Blandongan Puspemkot Tangsel pada Senin (16/10/2023).

“Bapak ibu yang hadir saya imbau untuk ikut kegiatan ini sampai selesai dan pastikan juga dapat mengerti dan memahami terkait tata cara pengaduan masyarakat,” ujar Benyamin.

Benyamin Davnie Hadiri Sosialisasi SP4N-LAPOR
Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie menyebutkan Pemkot membangun komunikasi dua arah yang memberikan kesempatan seluas-luasnya partisipasi aktif dari masyarakat. (Foto: Istimewa/Pemkot Tangsel)

Hal ini penting kata Benyamin, karena di era kemajuan teknologi saat ini proses pembangunan kota sangatlah terbuka dan melibatkan partisipasi aktif masyarakat.

“Tidak ada lagi komunikasi satu arah, kami membangun komunikasi dua arah yang memberikan kesempatan seluas-luasnya partisipasi aktif dari masyarakat,” lanjutnya.

Partisipasi itu bisa dilakukan melalui pengaduan lewat website SP4N-LAPOR, yang dimana sejak 12 Desember 2022, Pemkot Tangsel telah melakukan launching penerapan kanal pengaduan masyarakat tersebut.

“Tidak ada kata alergi terhadap aduan dan masukan dari masyarakat demi tercapainya kebijakan dan program yang tepat sasaran,” imbuh Benyamin.

Benyamin Davnie Hadiri Sosialisasi SP4N-LAPOR
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangsel Tb. Asep Nurdin mengatakan, dinas yang paling cepat merespons pengaduan masyarakat yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan. (Foto: Istimewa/Pemkot Tangsel)

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangsel Tb. Asep Nurdin mengatakan, hingga hari ini, atau Senin (16/10/2023) total pengaduan masyarakat melalui SP4N-LAPOR berjumlah 523 laporan, dari total tersebut, hampir 99,43 persen telah ditindaklanjuti.

“Luar biasa kecepatan yang dilakukan teman-teman perangkat daerah termasuk kecamatan dan kelurahan yang merespons pengaduan masyarakat lewat SP4N-LAPOR,” ucapnya.

Dan dinas yang paling cepat merespons pengaduan masyarakat tersebut yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan.

“Insyaallah ini juga diikuti oleh rekan-rekan perangkat daerah lainnya. Dan mudah-mudahan layanan publik yang ada di Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui SP4N-LAPOR ini berjalan semakin baik,” tutupnya.

Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *