Startup

Saingi Balik Amazon, FedEx Luncurkan Platform E-Commerce Ujung ke Ujung

Saingi Balik Amazon, FedEx Luncurkan Platform E-Commerce Ujung ke Ujung

MILEZONE.ID – Persaingan FedEx dan Amazon sepertinya akan terus memanas. Sebagai pemimpin global dalam logistik, FedEx telah mengumumkan pengembangan platform digital baru yang disebut “fdx”. Platform ini dirancang untuk menawarkan solusi e-commerce dari ujung ke ujung untuk bisnis dari semua ukuran. Tujuannya adalah untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola rantai pasokan mereka, meningkatkan permintaan, meningkatkan konversi, mengoptimalkan pemenuhan, dan merampingkan pengembalian.

Platform baru ini hadir ketika perusahaan tersebut bersaing dalam bidang logistik dengan Amazon, perusahaan yang dianggap FedEx sebagai ancaman terhadap bisnisnya selama bertahun-tahun. Pada tahun 2019, FedEx menolak memperbarui kontrak untuk menerbangkan kargo Amazon melalui FedEx Express. Belakangan, Amazon melarang penjualnya menggunakan pengiriman FedEx untuk Prime selama liburan .

Platform fdx diklaim unik karena didorong oleh data. Ini memanfaatkan wawasan dari jaringan transportasi fisik FedEx yang luas, yang memindahkan 15 juta paket per hari. Hal ini memungkinkan fdx untuk menyediakan data dan wawasan yang meningkatkan visibilitas dan kemampuan terhubung di seluruh perjalanan pelanggan. Akibatnya, bisnis dapat membuat keputusan logistik yang lebih strategis dari titik permintaan hingga pengiriman dan pengembalian.

Peluncuran resmi fdx direncanakan pada musim gugur 2024. Namun, pratinjau pribadi platform saat ini tersedia atas permintaan. Ini berarti bahwa bisnis yang tertarik dapat melihat sekilas apa yang ditawarkan fdx.nPlatform ini menggabungkan kemampuan FedEx yang ada dan baru untuk pelanggan. Misalnya, fdx dapat membantu bisnis meningkatkan permintaan konsumen dengan terhubung dengan pelanggan berharga melalui jaringan anggota ShopRunner. Ini juga dapat meningkatkan konversi dengan berbagi tanggal pengiriman estimasi dan pembaruan jendela waktu sepanjang pengalaman berbelanja.

Selain itu, fdx disebut meningkatkan visibilitas dan kontrol pengiriman dengan memungkinkan pelanggan melihat pengiriman dalam waktu nyata hampir. Ini membantu bisnis membuat keputusan yang tepat dan mengelola risiko. Fdx juga akan menyediakan akses ke data emisi karbon yang rinci, yang dapat membantu bisnis membuat keputusan rantai pasokan yang lebih berkelanjutan.

Selanjutnya, fdx merampingkan proses pengembalian dengan memungkinkan bisnis mengkonfigurasi dan mengelola pengalaman pengembalian digital front-end, pertukaran data, dan transportasi fisik untuk pengembalian dalam satu platform. Kemampuan digital tambahan, seperti mengintegrasikan wawasan jaringan FedEx real-time ke dalam sistem manajemen pesanan untuk pengiriman yang lebih efisien, akan menjadi bagian dari peluncuran fdx musim gugur ini.

Ringkasnya, platform fdx digadang-gadang mewakili langkah maju yang signifikan dalam sektor e-commerce. Dengan memanfaatkan data dan kecerdasan digital, fdx diklaim bertujuan untuk membantu bisnis mengoptimalkan dan tumbuh dalam pasar yang semakin kompetitif.

Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *