Hardnews

Capai Target Penurunan Prevalensi Stunting di 2024, Wapres Tegaskan Pemanfaatan Anggaran Harus Tepat Sasaran

Wapres Tegaskan Pemanfaatan Anggaran Harus Tepat Sasaran

MILEZONE.ID – Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk mencapai target penurunan prevalensi stunting menjadi 14 persen di tahun 2024.
Guna mewujudkan target tersebut, Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menegaskan, implementasi akselerasi penurunan stunting, terutama di daerah harus terus dikawal oleh para gubernur, salah satunya dalam pemanfaatan yang tepat sasaran.

“Kalau anggaran sebenarnya sudah cukup besar. Oleh karena itu, peran gubernur saya kira penting sekali untuk mengoordinasikan anggaran itu dalam rangka proses percepatan (penurunan prevalensi stunting),” ujar Wapres.

Hal itu dikatakan Wapres usai meninjau progres akselerasi penurunan prevalensi stunting di Posyandu Balita Melur 4, Jalan Gang Karya I, Desa Tumpatan Nibung, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (18/10/2023).

Lebih lanjut, Wapres menyampaikan, implementasi yang tepat sasaran di daerah harus mengacu pada program besar yang telah disusun di tingkat pusat, namun tetap disesuaikan dengan kekhususan di masing-masing daerah.
Dengan demikian, sinergi antara pusat dan daerah menjadi faktor yang penting untuk terus dilakukan.

“Saya minta memang BKKBN sebagai koordinasi di lapangan, dengan rencana aksinya itu terus menyasar daerah-daerah yang masih tinggi,” papar Wapres.

Wapres Tegaskan Pemanfaatan Anggaran Harus Tepat Sasaran
Wapres KH Ma’ruf Amin meninjau progres akselerasi penurunan prevalensi stunting di Posyandu Balita Melur 4, Desa Tumpatan Nibung, Batang Kuis, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (18/10/2023). (Foto: Istimewa)

“Melakukan upaya-upaya secara kerja bersama ya, koordinasi dan kolaborasi,” tambahnya.

Namun, Wapres menilai, dengan banyaknya unsur yang terlibat, tidak menutup kemungkinan terjadi tumpeng tindih tugas dan fungsi di lapangan.

Oleh karena itu, Wapres menekankan kolaborasi dan komunikasi merupakan faktor penting yang harus terus ada dalam upaya akselerasi penurunan prevalensi stunting di Indonesia.

“Kendalanya itu, umumnya itu, belum masif ya koordinasi di daerah, belum. Kan untuk stunting itu ada beberapa lembaga yang menanganinya. Kemudian cara kerjanya itu belum secara bersama,” imbuh Wapres.

“Karena itu kemarin dalam rapat koordinasi sudah kita antisipasi untuk mempercepat itu, dengan perhitungan akan tercapai 14 persen tapi dengan kerja cepat, kolaboratif tadi, sehingga semua turun. Semua lembaga yang terkait turun,” tukas Wapres.

Hadir mendampingi Wapres Pj. Gubernur Sumatra Utara Hassanudin, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang Asri Ludin Tambunan, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi.

Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *