Olahraga

Akhirnya, Bek Wolverhampton Wanderers Justin Hubner Sah Jadi WNI

Justin Hubner Menempuh Perjalanan Panjang hingga Akhirnya Ditetapkan Sebagai Warga Negara Indonesia, Terancam Dituding Menagih Uang Rp 16 Miliar hingga Melarikan Diri ke Belanda

MILEZONE.ID – Meninjau perjalanan pemain keturunan, Justin Hubner, yang akhirnya resmi dinaturalisasi dan sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Timnas Indonesia kembali mendapat tambahan kekuatan di sektor pertahanan setelah Justin Hubner telah disumpah menjadi WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Rabu (6/12).

Usai diangkat sumpahnya, bek yang bermain di Wolverhampton Wanderers tersebut dipastikan bisa mengenakan seragam Timnas Indonesia. Besar kemungkinan, Justin Hubner akan disertakan oleh pelatih Shin Tae-yong pada pemusatan latihan (TC) di Turki jelang Piala Asia 2023 pada Januari 2024.

Proses naturalisasi Justin Hubner yang sempat menjadi polemik dalam beberapa waktu terakhir pun akhirnya selesai. Sejak dimasukkan ke dalam skuad pilihan Shin Tae-yong untuk Piala Dunia U-20 2023, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, sempat menyambangi Belanda dan bertemu keluarga Justin Hubner untuk menaturalisasinya.

Pada Maret 2023, Komisi X DPR RI menyetujui proses naturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick. Namun, prosesnya menjadi WNI terhenti karena FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Rumor yang beredar menyebutkan bahwa PSSI batal menaturalisasi Justin Hubner karena adanya tudingan dirinya meminta uang senilai 1 juta euro atau setara Rp16 miliar dan kemudian dibantah.

Pada November kemarin, PSSI membuat pengumuman jika proses naturalisasi Justin Hubner yang tinggal selangkah lagi dilanjutkan. Akhirnya, Justin Hubner berhasil diangkat sumpahnya menjadi WNI dan siap membela Timnas Indonesia dalam waktu dekat, terutama di Piala Asia 2023 pada Januari 2024.

Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *