Hardnews

Airin Rachmi Diany, Rano Karno, Wahidin Halim, hingga Hary Tanoesoedibjo Berebut Suara di Banten III

Airin Rachmi Diany, Rano Karno, Wahidin Halim, hingga Hary Tanoesoedibjo Berebut Suara di Banten III

MILEZONE.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan dan menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) bagi anggota DPR RI periode 2024-2029.

Dalam DCT Pemilu 2024 tersebut ditetapkan sebanyak 9.917 calon dan untuk DPD RI sebanyak 668 calon.

Pengumuman DCT telah dilakukan KPU melalui Konferensi Pers Penetapan DCT DPR RI dan DPD RI Pemilu 2024 di Media Center KPU, pada Jumat (3/11/2023), yang dipimpin Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Anggota KPU August Mellaz, Mochammad Afifuddin, Yulianto Sudrajat bersama Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno.

Hal itu berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota dan PKPU Nomor 11 Tahun 2023 tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilu Anggota DPD.

Dari ribuan DCT DPR RI tersebut, di antaranya yang ditetapkan untuk Dapil (Daerah Pemilihan) Provinsi Banten.

Diketahui, Dapil Banten terdapat 22 kursi untuk posisi anggota DPR RI periode 2024-2029. Ke-22 kursi itu terbagi menjadi 6 kursi di dapil Banten I (Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak), 6 kursi di dapil Banten II (Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon) dan 10 kursi di dapil Banten III.

Sedangkan pada Banten III, ada 173 orang yang ditetapkan dalam DCT oleh KPU untuk beradu nasib memperebutkan 10 kursi DPR RI tersebut.

Dari seratusan orang tersebut, terdapat sejumlah nama besar dan tokoh partai politik. Seperti adanya dua nama eks Gubernur Banten yakni Rano Karno dan Wahidin Halim.

Rano Karno yang merupakan petahana anggota DPR RI periode 2019-2024 dan eks Gubernur Banten periode 2014-2017 akan beradu nasib kembali menjadi anggota DPR melalui PDI Perjuangan.

Sedangkan eks Gubernur Banten periode 2017-2023 Wahidin Halim melalui Partai NasDem untuk memperebutkan kursi anggota DPR RI.

Sementara nama besar lainnya, ada eks Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dua periode Airin Rachmi Diany. Dia maju menjadi caleg melalui Partai Golkar dengan nomor 1.

Airin ditengarai ditempatkan di DCT, oleh Partai Golkar untuk mendulang 2 kursi DPR RI dari Dapil Banten III.

Sedangkan anggota DPR RI petahana dari Golkar, Andi Ahmad Dara mendapat nomor urut 2 atau di bawah Ketua Umum Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) itu.

Selain itu, ada pentolan partai politik Tanah Air turut meramaikan Dapil Banten III. Mereka adalah Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Anggota Dewan Pembina DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Isyana Bagus Oka.

Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *