Lifestyle

5 Buah Ini Bisa Bantu Tunda Siklus Menstruasi Secara Alami

Dengan mengikuti beberapa cara alami berikut ini, wanita dapat menunda menstruasi mereka untuk beberapa waktu tanpa menggunakan obat-obatan yang dapat berdampak negatif pada kesehatan.

MILEZONE.ID – Sebagian wanita kadang menunda menstruasi pada beberapa kesempatan, seperti saat sedang liburan, pergi ke luar kota, atau menghadiri pesta. Hal ini dikarenakan menstruasi dapat menimbulkan ketidaknyamanan yang berlebihan, seperti nyeri dan kram, serta gejala lain seperti payudara bengkak dan kembung.

Untuk mengatasi hal ini, ada cara alami untuk menunda menstruasi. Dilansir dari Times of India, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menunda siklus bulanan secara alami.

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah obat alami yang efektif untuk menunda menstruasi dan meredakan gejala PMS. Campurkan cuka sari apel dengan air dan minum setiap hari selama seminggu sebelum tanggal diperkirakan menstruasi. Menurut penelitian, wanita yang menderita PCOD dapat mengalami penurunan kadar insulin dengan mengonsumsi cuka sari apel, sehingga dapat membantu menghentikan pendarahan. Namun, hal ini tidak berarti bahwa menstruasi akan berhenti sama sekali.

2. Jus lemon

Jus lemon telah digunakan sejak lama sebagai cara untuk menunda menstruasi. Minum jus lemon dalam jumlah sedang dapat membantu menunda menstruasi, meskipun tidak ada bukti medis yang membuktikan hal ini. Jika ingin mencoba, campurkan dua sendok jus lemon ke dalam segelas air atau minum dengan teh tanpa gula.

3. Agar-agar

Minum air agar-agar sekali sehari selama 3-4 hari sebelum tanggal diperkirakan menstruasi dapat menunda siklus menstruasi untuk sementara waktu. Namun, konsumsi gelatin yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan kembung.

4. Teh kayu manis

Teh kayu manis dapat membantu menunda menstruasi, mengurangi peradangan, kram menstruasi, dan memberikan kelonggaran jika pendarahan terlalu banyak. Teh ini tidak memiliki efek samping dan rasanya enak serta menyehatkan.

5. Semangka

Semangka adalah buah yang dapat menenangkan perut dan kaya nutrisi. Mengonsumsi semangka segar dan dingin 7 hari sebelum tanggal diperkirakan menstruasi dapat membantu menunda siklus menstruasi. Hindari makanan pedas karena dapat menyebabkan pendarahan yang berlebihan.

Dengan mengikuti beberapa cara alami di atas, wanita dapat menunda menstruasi mereka untuk beberapa waktu tanpa menggunakan obat-obatan yang dapat berdampak negatif pada kesehatan. Namun, jika menstruasi terlalu sering ditunda, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *