Teknologi

WhatsApp Dikabarkan Uji Pengaturan Chat Lintas Platform Versi Beta

WhatsApp Dikabarkan Uji Pengaturan Chat Lintas Platform Versi Beta

MILEZONE.IDWhatsApp, aplikasi perpesanan paling populer di dunia, sedang menguji pengaturan obrolan (chat) lintas platform.

Hal ini sebagaimana dibuktikan dengan fitur-fitur terbaru yang ditemukan dalam update beta untuk Android. Kemampuan untuk mengirim pesan langsung kepada pengguna di platform lain seperti Telegram atau Signal saat ini belum tersedia.

WhatsApp dikabarkan sedang mengembangkan kemampuan tersebut. Dilansir dari Gizmochina, Senin (4/3/2024), beta terbaru, versi 2.24.6.2, mengungkapkan pengembangan fitur “Kelola Obrolan Pihak Ketiga” oleh perusahaan.

Pertama, fitur ini memberi pengguna kemampuan menonaktifkan layanan interoperabilitas obrolan sepenuhnya. Hal ini sejalan dengan Pasal 7 Undang-Undang Pasar Digital (DMA) Uni Eropa (UE).

Aturan itu menekankan kontrol pengguna atas berbagi data dan preferensi komunikasi. Opsi ini memungkinkan pengguna yang tidak tertarik dengan perpesanan lintas platform untuk sepenuhnya memilih tidak ikut serta.

Kedua, fitur ini menawarkan kontrol terperinci atas aplikasi pihak ketiga mana yang dapat berinteraksi dengan WhatsApp. Pengguna dapat memilih untuk berintegrasi hanya dengan layanan perpesanan tepercaya, menyesuaikan tingkat interkonektivitasnya.

Kemampuan untuk mengelola akses aplikasi pihak ketiga secara selektif sangat bermanfaat. Pengguna dapat menghindari komunikasi yang tidak diinginkan dari platform asing sambil tetap menjaga koneksi dengan layanan yang diinginkan.

Selain itu, menonaktifkan seluruh layanan memberikan strategi keluar yang jelas bagi pengguna yang berubah pikiran tentang perpesanan lintas platform.

WhatsApp Dikabarkan Uji Pengaturan Chat Lintas Platform Versi Beta
WhatsApp dikabarkan sedang menguji pengaturan obrolan lintas paltform. (Foto: Pxfuel)

Patut dicatat, menonaktifkan layanan memiliki batasan. Obrolan pihak ketiga yang ada akan dialihkan ke mode hanya baca.

Artinya pengguna tidak dapat mengirim atau menerima pesan baru dalam percakapan tersebut. Namun, obrolan ini tetap dapat diakses di dalam WhatsApp dan dapat dihapus sesuai kebijakan pengguna.

Meskipun fitur “Kelola Obrolan Pihak Ketiga” saat ini masih dalam pengembangan, fitur ini membuka jalan bagi masa depan yang lebih saling terhubung bagi pengguna WhatsApp.

Perkembangan ini terjadi di tengah upaya perusahaan untuk mematuhi peraturan DMA UE dan memenuhi preferensi pengguna yang terus berkembang di bidang komunikasi lintas platform.

Dengan rincian lebih lanjut yang diharapkan pada update di masa mendatang, fitur ini siap memberikan dampak signifikan terhadap cara pengguna berinteraksi dan mengelola pengalaman perpesanan mereka di WhatsApp.

Selain itu, WhatsApp secara aktif menguji fitur-fitur baru dalam versi beta terbaru. Salah satu fitur yang diuji adalah pengenalan kode rahasia untuk obrolan terkunci di WhatsApp Web.

Hal ini bertujuan meningkatkan privasi dan keamanan. Selain itu, perusahaan sedang bereksperimen dengan desain baru untuk tab status di versi beta terbaru.

Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *