Lifestyle

5 Cara Mengatur Keuangan Bagi Kamu yang Kuliah Sambil Bekerja!

5 Cara Mengatur Keuangan Bagi Kamu yang Kuliah Sambil Bekerja!

Kuliah sambil bekerja adalah pilihan yang banyak diambil oleh mahasiswa, baik untuk menambah pengalaman, mengisi waktu luang, atau memenuhi kebutuhan finansial. Namun, kuliah sambil bekerja juga menuntut kamu untuk bisa mengatur keuangan dengan baik agar tidak kewalahan. Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan bagi kamu yang kuliah sambil bekerja? Simak tips berikut ini!

1. Buatlah Anggaran Bulanan

Anggaran bulanan adalah rencana pengeluaran dan pemasukan yang kamu buat setiap awal bulan. Dengan membuat anggaran bulanan, kamu bisa mengetahui berapa uang yang kamu peroleh dari bekerja dan berapa uang yang kamu butuhkan untuk biaya kuliah, kebutuhan sehari-hari, dan tabungan. Buatlah anggaran bulanan yang realistis dan sesuai dengan prioritas kamu. Jangan lupa untuk selalu mencatat setiap transaksi keuangan yang kamu lakukan agar kamu bisa mengontrol pengeluaran dan pemasukan kamu.

2. Pisahkan Rekening untuk Tabungan dan Pengeluaran

Salah satu cara mengatur keuangan yang efektif adalah dengan memisahkan rekening untuk tabungan dan pengeluaran. Dengan begitu, kamu bisa menghindari godaan untuk mengambil uang tabungan untuk keperluan yang tidak penting. Kamu bisa menentukan berapa persen dari penghasilan kamu yang akan kamu alokasikan untuk tabungan dan berapa persen untuk pengeluaran. Usahakan untuk menabung minimal 10% dari penghasilan kamu setiap bulannya.

3. Pandai Cari Sumber Pendapatan Tambahan

Jika penghasilan kamu dari bekerja masih kurang untuk memenuhi kebutuhan kamu, kamu bisa mencari sumber pendapatan tambahan yang tidak mengganggu kuliah dan pekerjaan kamu. Misalnya, kamu bisa menjual barang-barang bekas yang masih layak pakai, menjadi freelancer online, atau membuka usaha sampingan yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu. Dengan begitu, kamu bisa menambah pemasukan dan mengurangi beban keuangan kamu.

4. Manfaatkan Diskon dan Promo

Siapa yang tidak suka diskon dan promo? Diskon dan promo bisa menjadi salah satu cara menghemat pengeluaran kamu, asalkan kamu memanfaatkannya dengan bijak. Jangan tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan hanya karena harganya murah. Pilihlah diskon dan promo yang sesuai dengan kebutuhan kamu, misalnya untuk belanja kebutuhan pokok, membayar tagihan, atau membeli buku. Kamu juga bisa memanfaatkan kartu pelajar atau kartu kredit untuk mendapatkan diskon dan promo di berbagai tempat.

5. Kontrol Cara Kamu Bersenang-senang

Mengatur keuangan bukan berarti kamu harus mengorbankan kesenangan kamu. Kamu tetap bisa bersenang-senang dengan teman-teman atau keluarga, asalkan kamu mengatur keuangan dengan baik. Kamu bisa menganggarkan sebagian uang kamu untuk rekreasi, hiburan, atau belanja sesekali. Namun, jangan sampai kamu berlebihan dan menghabiskan uang kamu untuk hal-hal yang tidak penting. Ingatlah untuk selalu mengutamakan kebutuhan daripada keinginan.

Itulah 5 cara mengatur keuangan bagi kamu yang kuliah sambil bekerja. Dengan mengatur keuangan dengan baik, kamu bisa menjalani kuliah dan pekerjaan dengan lebih nyaman dan tenang. Semoga tips ini bermanfaat untuk kamu!

Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *